Pada tanggal 13 dan 14 maret 2019, berlokasi di di Balai Kartini Jakarta, ToffeeDev berhasil menorehkan sejarah dengan sukses melaksanakan salah satu konferensi internasional pertama di Indonesia yang membahas Search Engine Optimization (SEO).

Dihadiri lebih dari 400 praktisi dari beberapa agensi, pemilik perusahaan hingga start up ternama.  Acara ini ditujukan sebagai wadah bertukar pikiran antara para praktisi SEO dengan para ekspert di bidangnya, dan juga memberikan wawasan lebih bagi para pesertanya terkait dinamika dunia SEO yang selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Dan kali ini saya diberi kesempatan untuk berbicara di atas panggung. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan. 

Berdiri di depan 400 orang bukan hal yang mudah untuk saya taklukan tapi dengan dukungan orang-orang disekitar, saya memberanikan diri untuk mempresentasikan materi saya mengenai “Having Hundred-Thousands Website Visitor”.

david dan rade

Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk memberikan insight kepada para audiens mengenai cara terbaik untuk mendapatkan ratusan ribu visitor, dimulai dengan materi pertama saya, yaitu apa saja yang dipersiapkan.

Tentu kita akan butuh 3 hal ini, yaitu:

  • Website
  • Pages atau halaman
  • Keyword

3 hal ini akan menjadi bahan yang digunakan untuk meracik dari strategi mendapatkan ratusan ribu visitor.

Selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk merealisasikan strategi tersebut,

Langkah Pertama

Temukan keyword untuk topik atau main keyword bisnis Anda.

Dalam mengoptimasi website Anda, akan dibutuhkan sebuah keyword untuk halaman konversi Anda, biasa disebut main keyword yang menjadi fokus utama bisnis kita, lalu ada juga keyword pendukung, yang akan digunakan untuk meningkatkan visibilitas website Anda.

Untuk mendapatkan keyword-keyword ini kita dapat menggunakan beberapa tools, seperti:

  • Google Keyword Suggestion
  • Uber Suggest
  • Keywordtools.io
  • Google Keyword Planner
  • dsb

Dan menyusun prioritas keyword kita dari KEI ( Keyword Effectiveness Index)

Langkah Kedua

Membuat konten. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika membuat konten,

  1. Jangan terlalu fokus dengan keyword density, gunakan related term
  2. Tulislah konten terbaik Anda
  3. Jangan lupa gunakan gambar 
  4. Manfaatkan ALT text
  5. Konsisten, kualitas maupun tema tulisan Anda

Selain 5 hal diatas, ada lagi  faktor-faktor yang tidak kalah penting, seperti Internal linking, Blog comments, dan Shared post.

Internal linking bisa digunakan untuk membuat link menuju halaman utama Anda (main keywords), serta mem boost rank untuk main keyword Anda. Internal linking juga penting untuk mendapatkan hasil crawling yang lebih baik, karena akan membantu robot crawling untuk menemukan konten-konten Anda. Seperti halnya web (jaring) terkoneksi satu sama lainnya yang membuat strukturnya menjadi kuat. 

Blog comment dapat menjadi konten tambahan yang free untuk website Anda. Komentar juga dapat menjadi faktor OnPage SEO Anda dalam bentuk engagement.

Sedangkan postingan yang dishare dapat menjadi sumber traffic bagi konten Anda. Terlebih lagi, orang akan membagikan sebuah konten atau informasi  jika konten tersebut menarik dan berguna bagi mereka.

Pada dasarnya Google sangat senang untuk memberikan bantuan dalam bentuk solusi yang benar bagi orang-orang. Maka apabila konten Anda di share, ada indikasi bahwa konten Anda sangat menarik ataupun membantu orang lain.

Langkah Ketiga

Di langkah ketiga ini yang harus Anda lakukan adalah menerapkan OnPage Optimization untuk website Anda. Setiap halaman perlu di optimasi secara berkala sesuai dengan kompetisi keyword yang Anda targetkan. Lalu lacak seluruh keyword, agar Anda tahu bagaimana performa dari keyword-keyword tersebut.

Lalu jangan lupakan Site Audit ditambah dengan Search console, untuk mendeteksi error yang ada di website Anda, mencari backlink yang bermasalah, dan lebih banyak lagi.

Final Thoughts

Setiap keyword memiliki batasan jumlah pengguna atas keyword tersebut. Setiap bunyi keyword juga akan mencerminkan karakteristik dari personal tersebut. Jadi kita harus melakukan riset atas target yang kita inginkan dalam bisnis kita.

Kemudian terapkan satu keyword hanya dalam satu halaman, jadi untuk mencapai pengunjung hingga ratusan ribu, kita harus memiliki halaman yang banyak agar dapat kita menerapkan keyword yang lebih banyak pula. Dengan banyaknya keyword, maka akan lebih banyak pula calon pengunjung ke website kita.

Untuk mendapatkan ratusan ribu visitor bukanlah hal yang mudah, akan ada banyak hal yang harus kita lakukan. Mulai dari tahap riset hingga optimisasi dan pembenahan website.

Jika kita melakukan yang terbaik pasti kita akan dapat meraih hasil yaitu Hundred-Thousand Website Visitor.