Pengertian On Page SEO adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan di dalam website Anda untuk menyelaraskan halaman-halaman website dengan target kata kunci tertentu agar dapat dipahami dengan baik oleh robot mesin pencarian.

Mengapa kita harus menyelaraskan, memperbaiki serta mengoptimasi halaman-halaman di dalam website?

Hal pertama adalah halaman website dibuat dan kemudian ditujukan kepada para pengguna online bukan ditujukan untuk mesin pencarian. Namun sering kali orang salah memahami website dan mesin pencarian Google.

Dan hal kedua: Google adalah mesin, bukan manusia atau orang. Namun mesin ini dibuat sedemikian rupa agar menyerupai kepintaran manusia dan masih terus berkembang dikarenakan ditanamkan kepintaran buatan dari manusia.

Jadi keduanya adalah alasan kenapa Anda harus menyelaraskan website Anda, pengunjung website Anda, serta mesin pencarian. Dan perlu diingat, Anda harus melakukan optimasi untuk kedua hal tersebut untuk mendapatkan maksimal, baik dari mesin maupun pengunjung website Anda yang nantinya akan memungkinkan untuk berinteraksi dengan Anda.

Dan tentunya tujuan utama dari On Page SEO ini untuk mendapatkan peringkat yang paling tinggi di hasil mesin pencarian khususnya di Google melalui perbaikan-perbaikan didalam website itu sendiri.

Lalu apa saja sih yang perlu dilakukan dalam proses optimasi On Page SEO ini?

Disini saya akan membahas sedikit tentang apa yang umum orang lakukan dalam proses optimasi On Page SEO. Diantaranya adalah:

Judul Halaman
Merupakan navigasi bagi pengunjung website Anda serta salah satu signal utama bagi robot mesin pencari mengetahui tema pembicaraan di halaman tersebut.

Konten atau Isi Halaman Website
Isi suatu halaman website juga sangat mempengaruhi pemilihan ranking pada hasil mesin pencarian. Konten inilah yang akan dinilai apakah berkaitan erat dengan kata kunci yang dicari pada kolom mesin pencari atau tidak.

Mengenai konten ini rada-rada susah karena Anda harus menulis untuk pengunjung web Anda sebagai informasi yang ingin diketahuinya. Serta Anda harus memberikan signal-signal kepada robot mesin pencari melalui kata-kata yang berkaitan untuk menciptakan persepsi yang sama. Sehingga robot mesin pencari memiliki rangkuman yang sama dengan yang terlihat oleh pengunjung website.

Jadi kedua itu adalah sedikit optimasi SEO non-teknis yang dapat dilakukan di dalam website Anda.

Kemudian saya akan membahas lebih lengkap di artikel lainnya tentang “Faktor-Faktor SEO Dalam Optimasi On Page SEO” serta “Kesalahan Dalam Optimisasi SEO”.

Semoga artikel saya ini dapat membantu teman-teman yang ingin mulai memahami tentang SEO.